Selasa, 18 Desember 2012



Dunkleosteus (Dari "(David) Dunkle" + osteus (οστεος, Yunani: tulang); berarti "tulang Dunkle") adalah sebuah genus ikan prasejarah, salah satu placoderma arthrodire terbesar yang pernah hidup, yang ada selama periode Devon Akhir, sekitar 380-360000000 tahun yang lalu.

Pemburu ini, berukuran sampai dengan 10 meter (33 kaki) dan berat 3,6 ton (4,0 ton pendek), adalah predator puncak hypercarnivorous. Placoderma beberapa lainnya, menyimpan, mungkin, kontemporer, Titanichthys, disaingi Dunkleosteus dalam ukuran.

Dunkleosteus adalah anggota arthrodires pachyosteomorph, dan lebih khusus biasanya ditempatkan di Dinichthyidae keluarga, sebuah keluarga besar terdiri dari besar, arthrodires karnivora seperti Gorgonichthys. Anderson (2009) menunjukkan bahwa karena Dunkleosteus primitif struktur rahang harus ditempatkan di luar keluarga Dinichthyidae, mungkin dekat dengan dasar Pachyosteomorpha klade, dekat Eastmanosteus, [rujukan?] Tetapi ide ini belum diuji.

Studi baru telah mengungkapkan beberapa fitur dalam baik makanan dan biomekanik sebagai ekologi dan fisiologi. Placodermi pertama kali muncul di Silur, dan kelompok menjadi punah selama transisi dari Devon ke Karbon, tanpa meninggalkan keturunan. Kelas berlangsung hampir 50 juta tahun, dibandingkan dengan 400 juta tahun sejarah panjang hiu .
Dalam beberapa dekade terakhir, Dunkleosteus telah mendapat pengakuan dalam budaya populer, dengan sejumlah besar spesimen pada layar, dan penampilan terkemuka di media hiburan. Banyak fosil dari beberapa spesies telah ditemukan di Amerika Utara, Polandia, Belgia dan Maroko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar