Selasa, 18 Desember 2012





Helicoprion ("Spiral Saw") adalah genus berumur panjang hiu-seperti ikan bertulang rawan yang pertama kali muncul di lautan Karbon akhir dari 280 juta tahun yang lalu, selamat dari peristiwa kepunahan Permian-Trias, dan akhirnya punah selama periode Triassic awal beberapa 225 juta tahun yang lalu.

Fosil-fosil hanya dikenal adalah gigi, yang diatur dalam "gigi ulir-" fantastis sangat mengingatkan melingkar melihat. Tidak sampai penemuan tengkorak Ornithoprion, relatif, bahwa itu adalah menyadari bahwa gigi-lingkaran itu di rahang bawah. Gigi-lingkaran mewakili semua gigi yang dihasilkan oleh individu yang di rahang bawah, di bahwa sebagai individu tumbuh, dengan, tua gigi kecil yang pindah ke tengah lingkaran dengan penampilan yang lebih besar, gigi baru. Perbandingan dengan eugenodontids lainnya menunjukkan bahwa Helicoprion mungkin telah tumbuh hingga 10-15 kaki panjang.
Lokasi yang tepat dari lingkaran gigi di rahang bawah tidak diketahui. Rekonstruksi Kebanyakan saat ini tempat lingkaran di bagian depan rahang bawah; namun hal ini akan menciptakan tarik, membuat hiu perenang kurang efisien, dan turbulensi, mengingatkan mangsa pendekatan [1] Sebuah rekonstruksi alternatif, yang dibuat oleh Mary Parrish bawah. arah Robert Purdy, Victor Springer dan Matt Carrano untuk Smithsonian, tempat ulir lebih dalam ke tenggorokan. Susunan ini akan paling cocok untuk mangsa bertubuh lunak.

Rahang bawah dari Helicoprion bessonovi dipajang di Museum Paleozoological Cina

Gigi individu bergerigi, dan itu tersirat bahwa Helicoprion adalah karnivora. Karena ada belum menjadi tengkorak yang sebenarnya ditemukan, persis bagaimana itu ditangkap atau diberi mangsanya adalah subyek banyak spekulasi. Satu hipotesis yang memangsa Amon dan bahwa gigi khusus untuk pekerjaan dari membobol kerang bani Amon '. Ide lain adalah bahwa hiu akan berenang ke sekolah ikan dan melemparkannya keluar rahang, tersangkut memangsa banyak gigi nya. Spesimen terkemuka Helicoprion telah ditemukan di bagian timur Idaho, Utah utara, dan bagian barat jauh tengah Wyoming.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar